Monday, May 26, 2008

Tests Kemampuan CD ROM dan DVD Rom

Setiap vendor pasti mengklaim kalau CD ROM dan DVD Rom keluaran mereka memiliki mempunyai kecepatan tertentu dalam membaca. Writer untuk CD atau DVD pun di kalim memiliki kecepatan menulis tertentu. Adakan angka yang di klaim oleh vendor itu benar0benar menunjukkan kecepatan ASLI? Coba anda periksa dengan sebuah perangkat dari nero yang bertajuk nero CD-DVD Speed versi 3.75.

Nero CD-DVD speed bisa melakukan tes terhadap tansfer rate, kualita DAE ( audio Streaming), waktu pencarian dan mengases data , penguna CPU, burst rate, spin up/down, waku mengeluarkan nampan CD lalu mengenali CD di dalamnya, waku pembuatan data dalam CD. Tentu saja semua tidak harus dilakukan.

Tes-tes itu dapat dipilih pada bagian CD speed: Options yang dapat di akses melalui [File]>[Option], kemuia dibagian kiri pilih [Standard Tests] Hilangkan tanda centang pada hal-hal yang tidak pelu di uji.

Pengujian dapat dimulai denagn menekan tombol [Start] pada jendela utama Nero CD-DVD Speed. Jika pada PC tercolok 2 kandar option (CD ROM dan DVD ROM misalnya) yang berbeda, maka dulu kandar yang hendak di uji di menu drop-down yang etrletak di sisi tombol bergambar CD.

Pengujian berlangsung segera setelah tombol [Start] di tekan. Tinggalkan dulu PC karena bila pengujian secara komplit, waktu yang di butuhkan cukup lama. Setelah pengujian selesai, Nero CD-DVD Speed menampilakn hasilnya pada kotak-kotak teks yang telah tersedia.

Untuk lebih memahami hasil uji itu, untuk petunjuk pengunaan CD-DVD Speed, anda dapat mendownload di www.cdspeed2000.com, ukuran file hanya 529kb, berbentuk freeware, support untuk windows 9x/ME/XP/2000/2003.

No comments: